Kapan Liverpool bisa memenangkan gelar Liga Inggris?

Liverpool masih membutuhkan maksimal 12 poin untuk memenangkan gelar Liga Premier menyusul kekalahan 3-0 mereka dari Watford yang terancam degradasi pada Sabtu. Sisi Jurgen Klopp adalah 22 poin dari penantang terdekat mereka Manchester City, yang telah memainkan satu pertandingan lebih sedikit. Tetapi meskipun mengalami kekalahan liga pertama musim ini, gelar liga utama pertama sejak 1990 masih menggoda dalam genggaman mereka. Dan sementara 44 pertandingan Liverpool yang tak terkalahkan di liga berakhir dengan tiba-tiba, prospek merebut gelar di kandang juara bertahan Manchester City sekarang menjadi yang sangat nyata.

BBC Sport telah menghitung angka untuk mengetahui kapan dan di mana Liverpool bisa menjadi juara lagi.

Kapan Liverpool paling awal bisa memenangkan liga?


Satu-satunya jaminan yang dimiliki The Reds adalah bahwa hanya empat kemenangan dari 10 pertandingan mereka yang tersisa akan cukup untuk dinobatkan sebagai juara, terlepas dari apa yang dilakukan saingan mereka. Pertandingan keempat Liverpool dari titik musim ini adalah melawan Manchester City di Stadion Etihad pada 5 April.

Kapan Liverpool bisa memenangkan gelar Liga Inggris?


Itu kecuali pertandingan mereka melawan Crystal Palace di Anfield pada 21 Maret dijadwal ulang, yang akan menjadi kasus jika Liverpool mencapai perempat final Piala FA. Sisi Klopp menghadapi Chelsea untuk mendapat tempat di delapan besar kompetisi itu pada Selasa (19:45 GMT).

Apa yang perlu terjadi bagi Liverpool untuk memenangkan gelar di Goodison Park atau Etihad?


Sederhananya, jika Liverpool dan Manchester City terus menang dari titik ini maka tim Klopp akan memiliki kesempatan pertama untuk mengamankan gelar di Etihad Stadium.

Tetapi kekalahan melawan Watford berarti bahwa, dengan anggapan pertandingan Manchester City yang ditunda melawan Arsenal tidak ditata ulang sebelum perjalanan Liverpool ke Everton pada 16 Maret, Liverpool akan meminta City kehilangan dua pertandingan berikutnya melawan Manchester United pada 8 Maret dan Burnley pada 14 Maret untuk mengangkat trofi ketika mereka menghadapi rival lokal Everton di Goodison Park pada 16 Maret.

Kemenangan atas Bournemouth dan Everton, disertai dengan kekalahan beruntun untuk City, akan membuat Liverpool membuka selisih 28 poin - dengan hanya 27 poin yang masih tersedia bagi City yang akan memiliki sembilan pertandingan untuk dimainkan.

Skenario yang sekarang tidak mungkin akan menjadi lebih manis bagi penggemar The Reds yang diberi hasil imbang tanpa gol di Goodison Park tahun lalu adalah salah satu pertandingan yang terbukti kritis dalam kegagalan mereka merebut gelar dari Manchester City.

Kebuntuan pada awal Maret adalah yang terakhir kali Liverpool kehilangan poin di musim itu, dengan sembilan kemenangan beruntun masih belum cukup untuk merombak pasukan Guardiola, yang mengklaim gelar dengan satu poin pada hari terakhir musim.

Apa yang paling awal dimiliki tim yang memenangkan Liga Premier?


Manchester United memegang rekor untuk kemenangan gelar Liga Premier paling awal, dengan pasukan Sir Alex Ferguson mengklaim kemenangan pada 2000-01 pada 14 April.

Kemenangan gelar Premier League paling awal berdasarkan pertandingan yang tersisa, bukan berdasarkan tanggal, adalah lima - rekor yang juga dibuat oleh United pada 2000-01, serta Manchester City pada 2017-18.

Apa keunggulan terbesar yang dimiliki tim TANPA untuk memenangkan gelar?


"Aku akan senang jika kita mengalahkan mereka, menyukainya."

Siapa yang bisa melupakan kata-kata kasar Kevin Keegan yang terkenal di layar ketika tim Newcastle-nya melihat kepemimpinan mereka perlahan-lahan dihilangkan oleh Manchester United selama paruh kedua musim 1995-96?

Tim Burung Gagak Keegan yang memukau memimpin tabel dengan 12 poin pada awal 1996, tetapi menyelesaikan kampanye empat poin di belakang Manchester United di urutan kedua. Itu tetap memimpin terbesar yang dimiliki tim di Liga Premier tanpa memenangkan gelar.Nah, itu rekor Liverpool yang TIDAK mau dipatahkan.